Thursday, 6 June 2013

Tren Sosial Media

Oke, ini cuman firasat gue apa emang belakangan ini banyak anak di sekolah gue atau mungkin di Indonesia yang kemana mana bawa HP. Mau ke sekolah, ke tempat les, sampe ke toilet juga bawa hp. Agak aneh emang. Gue gak sampe begitu juga. kalo ke sekolah juga gue gak bawa hp, kenapa gue gak bawa hp?? 
Jawabannya sih simpel. Karena pernah ilang. Iye, ilang. Masih inget gue tuh, rabu siang gue pulang naik angkutan umum, dan ilangnya disitu juga. blackberry 8520 yang trackpadnya & tombol mute nya rusak...

Balik ke topik deh, di post kali ini gue mau nge bahas "sedikit" sosial media yang lagi ngetren jaman sekarang. Biasanya sih anak SD sampe orang tua juga pada punya semua. Cekidot!

1. Facebook


Facebook ini didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 sama temen temen doi ber 3. Ada Dustin MoskovitzEduardo Saverin, dan Chris Hughes.  
Foto Mark Zuckerberg

Ini adalah awal dari perkenalan gue di dunia maya, gue inget banget pertama kali bikin facebook itu 2007. Pas buat langsung pake foto, fotonya itu pas foto gue dulu. Senyum lebar 5 cm dari bibir... Gak kebayang gimana malunya gue dulu. Setelah lama main fb, pp (photo profile) gue makin aneh. Pp yang tadinya pas foto malah jadi foto gue foto close up dari atas, betapa alaynya gue dulu....
Abis semua tragedi yang gue alamin, sekarang alhamdulillah gue udah gak alay lagi.

Gue jelasin sedikit tentang facebook. Di facebook ini kita bisa update status, nge share foto/video, ngeshare location, main game, chatting, dan masih banyak lain nya. Menurut gue kelebihan facebook itu ada di game nya. Jadi misalnya lo bosen bisa langsung main game di facebook. Tapi biasanya kalo lo sering main game pasti notification lo rame. Karena orang sering nge-invite lo buat main game ini itu.

2. Twitter

Twitter ini di dirikan pada 2006 oleh Jack Dorsey.
Jack Dorsey. Ganteng ye doi..
Setelah jaman facebook, gue mulai main twitter. Gue udah main twitter dari 2009 tapi baru aktif sejak 2011 karena baru ngerti pas itu... Kalo di facebook ada pp, di twitter namanya Avatar - sering disebut ava. Ava gue pertama kali itu telor. Bukan, itu bukan foto telor di goreng mata sapi. Kayaknya itu emang default dari twitternya.

Hampir semua fitur facebook ada di twitter. Tapi gak semuanya, kayak main game sama chatting. Kalo di twitter cuman bisa ngetweet, ngefollow. Kalo mau chatting di twitter itu ada Direct Message. Menurut gue kelebihan twitter itu bisa tau real time semua kejadian. Jadi semua tweet ada di satu tempat namanya TimeLine(TL). Biasanya setiap ada tweet baru langsung muncul di timeline lo. Jadi enak bisa terus update tanpa dikira nyampah. Beda sama facebook yang kalo update statusnya setahun sekali.. 


3. Instagram

Instagran didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010, tepatnya pada tanggal 6 oktober tahun 2010.


 Instagram ini beda sama facebook sama twitter. Kalo di facebook kita bisa update status, di twitter bisa tweet. Kalo di instagram kita cuman bisa ngeshare foto, terus di edit(kasih efek). Gak cuman bisa ngeshare foto doang, kita juga bisa nge-like foto orang, comment juga. Kalo instagram ini gue punya tapi jarang di mainin.

4. Path

Path ini didirikan oleh Dave Morin,Shawn Fanning,Dustin Mierau pada tahun 2010.
Dave Morin bro

Kalo path ini hampir mirip facebook. Bisa update status, share foto, share location, chatting. Tapi bedanya kalo facebook bisa main game, path engga. Path ini bisa ngeshare kita lagi dengerin lagu, film, atau baca buku. Terus juga bisa sleep sama wake up.
Itu contohnya

Mungkin segitu aja dulu, entar lain lain nya gue bahas kapan kapan. Dari 4 sosial media yang gue sebutin, gue paling suka twitter sama path. Kalo lo?

10 comments:

  1. Raihana Damiaputri6 June 2013 at 18:42

    Kalo gw sukanya instagram sama twitter doang bang!! Instagram pun gua gaada acc nya wkwkwk numpang make account orang, gakdosa kan ya bang buat ngestalk anak2 gaul gituu

    ReplyDelete
  2. aku gak main path cuma udah buat accountnya kalau instagram belom signup karena kagak make android. huhu berasa jadi manusia purba.

    ReplyDelete
  3. kalo ngikutin social media ga ada abisnya ya sama kaya perkembangan gadget. ada kali gitu orang yg sampe lupa password saking kebanyakannya akun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget tuh, untung gue satu password buat semua. jadi kalo satu ketahuan, semuanya juga :|

      Delete
  4. bang.. saya udah punya semua accountnya.. jadi saya udah gaul belom?

    ReplyDelete
  5. Wah Terima Kasih Post Membantu Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya Juga Ya!! ^_^
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete